Penerapan 8 SNP

PENERAPAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP)
NO
JENIS
SUDAH DILAKSANAKAN
AKAN DILAKSANAKAN
1
Standar Isi
  1. Pelaksanaan Kurikulum 2013 dan KTSP
  2. Melibatkan TIM penyusun KTSP dan Implementasi Kurikulum 2013
  3. Pengaturan beban mengajar guru
  4. Penentuan KKM
  5. Penyusunan Kalender Pendidikan
  6. Mata Pelajaran Muatan Lokal
  7. Kegiatan Ektrakurikuler dan Pengembangan Diri
  8. Pengembangan Silabus dan RPP
  1. Implementasi Kurikulum 2013
2
Standar Proses
  1. Semua mata pelajaran memiliki RPP
  2. Beban Kerja mengajar guru minimum 24 Jam
  3. Pelaksanaan pembelajaran sesuai langkah-langkah pembelajaran dan Promes
  4. Supervisi Kelas
  5. Memberi kesempatan guru untuk ikut pelatihan program kependidikan
  1. Evaluasi guru dalam proses pembelajaran
3
Standar Kompetensi Lulusan
  1. Siswa lulus diatas KKM
  2. Ketersediaan bahan ajar
  3. Penggunaan Lab. MIPA dan Komputer
  4. Penegakan Tata Tertib Sekolah
  5. Peringatan Hari Besar Keagamaan dan Hari Besar Nasional
  6. Pembiasaan Hidup bersih dan sehat
  7. Ibadah dan sholat berjamaah
  8. Pengembangan Diri dan Ektrakurikuler
  1. Penggalakan Majalah dinding
  2. Penulisan karya tulis siswa
  3. Mengikuti Lomba Akademis dan Non Akademis
4
Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
  1. Pendidikan latar belakang S-1 dan S-2
  2. Latar belakang pendidik sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan
  3. Guru memilki kompetensi pedagogik, kepribadian, manajerial, supervisi
  4. Guru memiliki SK Pengangkatan GTT, Guru Kontrak Persyarikatan, GTY
  5. Kepala Sekolah pendidikan terakhir S-1
  6. Rata-rata kehadiran guru dalam satu semester 97 %
  7. Kelulusan siswa tiap tahun 100 %
  8. Memiliki penjaga sekolah
  1. Merencanakan program supervisi akademik secara kontinyu
  2. Memaksimalkan tenaga perpustakaan
  3. Guru yang sudah berijazah S-1 didorong untuk melanjutkan studi ke S-2
5
Standar Sarana dan prasarana
    1. Sekolah berada dilokasi yang aman
  1. Lokasi sekolah sesuai dengan peruntukan, memiliki status hak tanah
  2. Bangunan memenuhi ketentuan luas minimum sesuai dengan rasio jumlah siswa
  3. Struktur bangunan stabil dan kokoh
  4. Sekolah memiliki sanitasi didalam dan diluar yang dapat memenuhi kebutuhan
  5. Bangunan sekolah memiliki ventilasi udara yang cukup
  6. Instalasi listrik 63.200 Watt
  7. Pemeliharaan fasilitas sekolah dilakukan secara berkala
  8. Sekolah memiliki sarana ruang kelas, perpustakaan, kepala sekolah, guru, tempat ibadah, UKS
  9. Ruang kelas sesuai kebutuhan siswa
  10. Rasio buku teks buku satu siswa
  11. Sekolah memiliki Lab. Komputer, Lab. Musik dan Lab. MIPA
  1. Keterbatasan lahan halaman sekolah
6
Standar Pengelolaan
  1. Sekolah memilki visi dan misi
  2. Perumusan visi dan misi ditetapkan melalui keputusan bersama
  3. Sekolah memiliki tujuan lembaga, rencana kerja jangka pendek, menengah dan jangka panjang
  4. Sekolah memiliki pedoman dan pengelolaan sekolah secara tertulis
  5. Sekolah memiliki struktur organisasi
  6. Sekolah melaksanakan kegiatan dan pembinaan prestasi siswa
  7. Sekolah melakukan pengembangan kurikulum
  8. Sekolah mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan bidangnya
  9. Pengelolaan pembiayaan pendidikan dilakukan dengan pembukuan secara teratur dan transparan
  10. Evaluasi kinerja pendidik secara periodik
  1. Memberdayakan terhadap alumni sekolah
  2. Merencanakan memberikan penghargaan bagi guru dan siswa yang berprestasi
  3. Mendorong guru untuk meningkatkan pengetahuan dengan teknologi Informasi
7
Standar Pembiayaan
  1. Kerjasama dengan wali siswa dalam pengadaan sarana dan prasarana
  2. Sekolah menganggarkan biaya untuk pengembangan pendidikan dan tenaga kependidikan, insentif dan gaji guru
  3. Sekolah menganggarkan untuk kegiatan pembelajaran, kesiswaan dan pengadaan ATK
  4. Kegiatan Ektrakurikuler dan Pengembangan diri dibiayai dari Dana BOS
  5. Pengelolaan keuangan sekolah secara sistematis, transparan, efisien dan akuntabel
  1. Peningkatan kesejahteraan guru untuk menyusun modul pembelajaran
  2. Sekolah mengusahakan pembinaan siswa berprestasi
8
Penilaian Pendidikan
  1. Guru membagikan hasil belajar siswa setiap akhir semester
  2. Teknik penilaian meliputi : tes tertulis, lisan, sikap, tugas dan portofolio
  3. Sekolah mengkoordinasikan ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan kelas dengan membentuk kepanitiaan
  4. Menentukan kenaikan kelas dan kelulusan melalui proses rapat bersama
  5. Rata-rata kelulusan diatas KKM
  6. Sekolah menyerahkan SKHUN dan ijazah kepada setiap siswa yang lulus ujian
1. ......................
2. .......................
3. .......................


Updated : 02/2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar