PENERAPAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP)
|
NO
|
JENIS
|
SUDAH DILAKSANAKAN
|
AKAN DILAKSANAKAN
|
1
| Standar Isi |
- Pelaksanaan Kurikulum 2013 dan KTSP
- Melibatkan TIM penyusun KTSP dan Implementasi Kurikulum 2013
- Pengaturan beban mengajar guru
- Penentuan KKM
- Penyusunan Kalender Pendidikan
- Mata Pelajaran Muatan Lokal
- Kegiatan Ektrakurikuler dan Pengembangan Diri
- Pengembangan Silabus dan RPP
|
- Implementasi Kurikulum 2013
|
2
| Standar Proses |
- Semua mata pelajaran memiliki RPP
- Beban Kerja mengajar guru minimum 24 Jam
- Pelaksanaan pembelajaran sesuai langkah-langkah pembelajaran dan Promes
- Supervisi Kelas
- Memberi kesempatan guru untuk ikut pelatihan program kependidikan
|
- Evaluasi guru dalam proses pembelajaran
|
3
| Standar Kompetensi Lulusan |
- Siswa lulus diatas KKM
- Ketersediaan bahan ajar
- Penggunaan Lab. MIPA dan Komputer
- Penegakan Tata Tertib Sekolah
- Peringatan Hari Besar Keagamaan dan Hari Besar Nasional
- Pembiasaan Hidup bersih dan sehat
- Ibadah dan sholat berjamaah
- Pengembangan Diri dan Ektrakurikuler
|
- Penggalakan Majalah dinding
- Penulisan karya tulis siswa
- Mengikuti Lomba Akademis dan Non Akademis
|
4
| Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan |
- Pendidikan latar belakang S-1 dan S-2
- Latar belakang pendidik sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan
- Guru memilki kompetensi pedagogik, kepribadian, manajerial, supervisi
- Guru memiliki SK Pengangkatan GTT, Guru Kontrak Persyarikatan, GTY
- Kepala Sekolah pendidikan terakhir S-1
- Rata-rata kehadiran guru dalam satu semester 97 %
- Kelulusan siswa tiap tahun 100 %
- Memiliki penjaga sekolah
|
- Merencanakan program supervisi akademik secara kontinyu
- Memaksimalkan tenaga perpustakaan
- Guru yang sudah berijazah S-1 didorong untuk melanjutkan studi ke S-2
|
5
| Standar Sarana dan prasarana |
-
Sekolah berada dilokasi yang aman
- Lokasi sekolah sesuai dengan peruntukan, memiliki status hak tanah
- Bangunan memenuhi ketentuan luas minimum sesuai dengan rasio jumlah siswa
- Struktur bangunan stabil dan kokoh
- Sekolah memiliki sanitasi didalam dan diluar yang dapat memenuhi kebutuhan
- Bangunan sekolah memiliki ventilasi udara yang cukup
- Instalasi listrik 63.200 Watt
- Pemeliharaan fasilitas sekolah dilakukan secara berkala
- Sekolah memiliki sarana ruang kelas, perpustakaan, kepala sekolah, guru, tempat ibadah, UKS
- Ruang kelas sesuai kebutuhan siswa
- Rasio buku teks buku satu siswa
- Sekolah memiliki Lab. Komputer, Lab. Musik dan Lab. MIPA
|
- Keterbatasan lahan halaman sekolah
|
6
| Standar Pengelolaan |
- Sekolah memilki visi dan misi
- Perumusan visi dan misi ditetapkan melalui keputusan bersama
- Sekolah memiliki tujuan lembaga, rencana kerja jangka pendek, menengah dan jangka panjang
- Sekolah memiliki pedoman dan pengelolaan sekolah secara tertulis
- Sekolah memiliki struktur organisasi
- Sekolah melaksanakan kegiatan dan pembinaan prestasi siswa
- Sekolah melakukan pengembangan kurikulum
- Sekolah mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan bidangnya
- Pengelolaan pembiayaan pendidikan dilakukan dengan pembukuan secara teratur dan transparan
- Evaluasi kinerja pendidik secara periodik
|
- Memberdayakan terhadap alumni sekolah
- Merencanakan memberikan penghargaan bagi guru dan siswa yang berprestasi
- Mendorong guru untuk meningkatkan pengetahuan dengan teknologi Informasi
|
7
| Standar Pembiayaan |
- Kerjasama dengan wali siswa dalam pengadaan sarana dan prasarana
- Sekolah menganggarkan biaya untuk pengembangan pendidikan dan tenaga kependidikan, insentif dan gaji guru
- Sekolah menganggarkan untuk kegiatan pembelajaran, kesiswaan dan pengadaan ATK
- Kegiatan Ektrakurikuler dan Pengembangan diri dibiayai dari Dana BOS
- Pengelolaan keuangan sekolah secara sistematis, transparan, efisien dan akuntabel
|
- Peningkatan kesejahteraan guru untuk menyusun modul pembelajaran
- Sekolah mengusahakan pembinaan siswa berprestasi
|
8
| Penilaian Pendidikan |
- Guru membagikan hasil belajar siswa setiap akhir semester
- Teknik penilaian meliputi : tes tertulis, lisan, sikap, tugas dan portofolio
- Sekolah mengkoordinasikan ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan kelas dengan membentuk kepanitiaan
- Menentukan kenaikan kelas dan kelulusan melalui proses rapat bersama
- Rata-rata kelulusan diatas KKM
- Sekolah menyerahkan SKHUN dan ijazah kepada setiap siswa yang lulus ujian
|
1. ......................
2. .......................
3. ....................... |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar